Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis diet terbaik menurunkan berat badan

Selamat datang sahabat bantal, kali ini mimin mau share artikel kesehatan. Ya 7 jenis diet terbaik menurunkan berat badan yang pastinya bermanfaat buat hidup kita semuanya.

Jenis diet terbaik



7 Jenis Diet Terbaik Menurunkan Berat Badan

1. Diet Nabati

Jenis diet terbaik Pertama adalah Diet Nabati, diet yang mengkonsumsi makan yang sebagian besar dari tanaman. Fokus utama nya yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.


Terkadang juga mengkonsumsi daging, ikan dan produk susu, tapi bukan olahan melainkan makanan utuh yang sehat.

2.Diet Mediterania

Jenis diet terbaik Kedua adalah Diet Mediterania, diet yang mengadopsi dari pola makan penduduk yang tinggal di Mediterania. Fokus utama nya yaitu mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan lemak sehat.


Terkadang juga mengkonsmsi makanan yang bersumber dari protein hewani yang sehat, seperti daging ayam tanpa kulit, ikan, daging merah. Hanya saja dikonsumsi dalam jumlah kecil dan jarang.

3. Diet Keto

Jenis diet terbaik Ketiga adalah Diet Keto, diet yang awalnya untuk anak-anak pengidap epilepsi dan kebal obat untuk mengurangi frekuensi kejang. Bisa juga membantu penderita diabetes dalam mengkontrol gula darah.


Metode diet keto mengusung pola makan LCHF (low carb high fat) bertujuan untuk menekan asupan karbohidrat dan memperbanyak lemak. sehingga tubuh beralih menggunakan lemak sebagai bahan bakar.


Makanan dan minuman kaya lemak yang dianjurkan dalam diet keto, antara lain: Ikan salmon, tuna, makarel, kacang-kacangan dan biji-bijian (almon, wijen dan chia), minyak zaitun, minyak kelapa, telur, daging (ayam, sapi dan kalkun), sayur hijau, tomat dan cabai.


Sedangkan makanan dan minuman yang perlu di hindari: Makan atau minum manis, nasi, pasta, sereal, gandum, ubi-ubian, alkohol, lemak tak sehat, minyak saur dan mayonnaise.

4. Diet Bebas Gluten

Jenis diet terbaik Keempat adalah Diet Bebas Gluten, diet yang biasa nya di terapkan pada penderita penyakit celiac, ataxia gluten, alergi gandum, sensitivitas gluten.
Metode diet bebas gluten mengharuskan untuk melarang junk food yang rentan memberi kalori lebih pada tubuh.


Makanan dan minuman yang boleh konsumsi yaitu: Daging segar (ayam, sapi atau ikan), telur, susu, buah dan sayur, nasi, biji-bijian (beras, tapioka, quinoa), tepung, kacang-kacangan, minyak sayur, selai nabati dan rempah.


Makanan dan minuman yang perlu dihindari: gandum (tepung terigu kamut, semolina, durum), jelai (barley), ragi, malt dan triticale.

5. Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension)

Jenis diet terbaik Kelima adalah Diet DASH, diet yang pada dasarnya di rancang untuk mencegah lonjakan tekanan darah, hingga mencegah dan mengatasi hipertensi.
Selain itu diet ini juga mengurangi rasio terkena penyakit jantung, struk, osteoporosis, batu ginjal dan kanker.


Metode diet dash adalah menekankan pada pola makanan rendah garam namun tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi.

6. Diet Vegan

Jenis diet terbaik Keenam adalah Diet Vegan, diet yang menghormati hak hewan dan lingkungan. Merupakan alah satu jenis diet vegetarian


Metode diet vegan mengharuskan tidak mengkonsumsi makanan hewani dan hasil olahannya. Serta menghindari produk dari hewan (susu, keju, telur, gelatin, madu dll)

7. Diet Paleo 

Jenis diet terbaik Ketujuh adalah Diet Paleo, diet yang mengadopsi pola makan manusia gua zaman prasejarah paleolitikum. Di yakini dapat menurunkan rasio terkena penyakit kardio dan diabetes.


Metode diet ini mengharuskan mengkonsumsi makanan yang alami.


Makanan dan minuman yang boleh konsumsi yaitu: Sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian bebas pestisida dan fungisida, daging rendah lemak, ikan (salmon, makarel, tuna) dan minyak zaitun.


Makanan dan minuman yang tidak boleh konsumsi yaitu: Produk susu, kacang (polong, lentil, tanah), biji-bijian, kentang, garam, gula olahan dan semua makanan kemasan.

Demikianlah artikel tentang jenis diet terbaik menurut mukabantal.com. Sekarng diet apa favorit mu? Mana yang bekerja untukmu?